Jaringan W-CDMA

Teknologi Komunikasi Jaringan W-CDMA

#111W-CDMA pada spesifikasi sebuah ponsel ini diartikan oleh beberapa orang bahwa ponsel tersebut dual-on atau dual-SIM GSM-CDMA. W-CDMA yaitu biasa ditulis Wideband-CDMA atau W-CDMA adalah singkatan dari Wideband-Code Division Multiple Access, sebuah standar yang ditentukan oleh ITU (Internasional Telecommunication Union, salah satu badan PBB yang menangani masalah tenologi informasi dan telekomunikasi). WCDMA juga memiliki nama resmi lain yaitu IMT-2000 direct spread.

W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Sedangkan  untuk pengertian WCDMA adalah teknologi yang digunakan di GSM (halo, simpati, mentari, xplor dll) sedangkan teknologi untuk mendukung kecepatan tinggi pada jaringan CDMA CDMA (Fren,Esia,Flexi,Starone) namanya EV-DO.

            W-CDMA merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM. Nama lain dari teknologi WCDMA, yang pasti lebih sering kalian dengar, adalah UMTS (Universitas Mobile Telecommunication System).

Dari nama memang Wideband-Code Division Multiple Access (W-CDMA) mirip dengan Code Division Multiple Access (CDMA). Namun dari segi kemampuan , WCDMA mendukung mobile/portable Voice, gambar, data, dan komunikasi video hingga 2 Mbps (local area access) atau 384Kbps (wide area access). WCDMA memiliki range frekuensi yang lebih luas yaitu 5 MHz sementara CDMA hanya 200 KHz.

            Jadi bila sebuah ponsel menampilkan spesifikasi WCDMA, artinya ponsel tersebut berfitur 3G dan tetap hanya bisa bekerja pada jaringan GSM atau hanya bisa dipakai untuk operator CDMA, karena memang bukan peruntukannya.

Perbedaan CDMA dan W-CDMA

Dalam spesifikasi Gadget baik smartphone dan tablet PC serta ponsel-ponsel standar yang lain terkadang ada istilah WCDMA pada sistem kategori network atau jaringan tersedia yang di karenakan kemajuan teknologi informasi yang ada memungkinkan untuk terciptanya sebuah ponsel untuk berjalan pada dua jaringan GSM dan CDMA, dengan adanya WCDMA pada spesifikasi sebuah ponsel ini diartikan sebagian oleh beberapa orang bahwa ponsel berjalan pada dual-on atau dual -SIM GSM-CDMA.

#2Apabila Gadget menampilkan spesifikasi WCDMA, artinya gadget tersebut sudah mempunyai berfitur 3G dan tetap hanya bisa bekerja pada jaringan GSM atau hanya bisa dipakai dengan kartu SIM dari operator GSM. Spesifikasi WCDMA bukan berarti gadget tersebut bisa dipakai untuk jarigan operator CDMA.

#Kekurangan

  • Tahan terhadap interferensi.
  • Memiliki efisiensi tinggi dan kapasitas tinggi bila diterapkan dalam konfigurasi multicell.
  • Kemampuan transfer data yang tinggi sampai 384 Kbps untuk area luas dan 2 Mbps untuk area dalam.
  • Dapat digunakan untuk komunikasi multimedia.
  • Tidak memerlukan sinkronisasi antar BTS.
  • Memiliki biaya infrastruktur yang rendah.
  • dan Mendukung Antena Array Adaptive serta deteksi multiuser.

#Kelebihan

  • Kelemahan utama dari WCDMA adalah bahwa tidak digunakan di seluruh seluruh dunia, yang membatasi handset yang kompatibel pada orang-orang yang melakukan perjalanan internasional, dan bahwa itu adalah sistem yang relatif kompleks yang dapat mahal untuk diperkenalkan ke pasar baru.
Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jaringan W-CDMA

  1. Ping balik: Daftar Tugas Mata Pelajaran Komunikasi Data | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar