IMS ( IP Multimedia Subsystem )

IMS (IP Multimedia Subsystem)

  IMS (IP Multimedia Subsystem) adalah elemen kunci dalam arsitektur 3G yang memungkinkan tersedianya akses seluler di manapun ke seluruh layanan internet yang tersedia. Jaringan IMS (IP Multimedia Subsystem) merupakan jaringan yang muncul dengan diawali kehadiran teknologi softswitch yang merupakan awal dari konsep jaringan NGN. Prinsip dasar jaringan IMS adalah mengintegrasikan antara teknologi wireless dan wireline dengan berbagai layanan yang dapat ditanganinya, diantaranya layanan voice dan berbagai macam layanan data. Prinsip dari teknologi ini yaitu mengatur session yang muncul untuk setiap layanan.

Konsep dan latar belakang IMS adalah memberikan layanan internet di mana pun dan kapan pun menggunakan teknologi seluler. Pada sisi lain, jaringan seluler juga membrikan layanan dengan jangkauan yang luas, yang termasuk layanan interent yang paling sukses seperti pengiriman pesan instan. Kenyataannya, pengguna seluler mana pun dapat mengakses internet menggunakan koneksi data dan dengan cara ini layanan internet dapat tersedia.

GAMBAR :

ims

IMS mampu mengirimkan layanan lebih berstandarisasi, dan terstruktur yang merupakan ciri khas kebanyakan arsitektur berlapis. Pada saat yang sama, IMS menyediakan arsitektur yang mampu menyederhanakan dan mempercepat penciptaan layanan dan proses aktivasi dan administrasi layanan (provisioning), sekaligus tetap mendukung layanan dari jaringan eksisting. Untuk memudahkan pemahaman akan konsep arsitektur berlapis, kita dapat mengambil contoh pada jaringan internet . Penciptaan layanan melalui internet adalah hal yang sangat berbeda dengan meng-upgrade server dan software dari klien tanpa perlu memodifikasi node-node pada jaringan inti. Untuk menambahkan layanan baru pada internet, hanya perlu mendefinisikan protokol lapisan aplikasi dan memberitahu pelanggan untuk meng-upgrade softwarenya. Dalam mode web, pengguna hanya perlu menginstall browser yang universal. Oleh karena itu internet secara konstan mulai melakukan penetrasi layanan telekomunikasi seperti VoIP, Instant Messaging, dsb.

Arsitektur IMS yang horizontal memudahkan operator untuk mengimplementasikan layanan baru, mengeliminasi struktur jaringan tradisional yang kompleks dan boros. Bagi operator jaringan bergerak dan tetap, untuk jangka panjang IMS menyediakan jalur migrasi yang lebih aman menuju arsitektur yang total berbasis IP yang mampu menyediakan permintaan user akan layanan baru yang lebih variatif, menarik dan berguna.

Gambar :

ims II

Arsitektur IMS yang horizontal memudahkan operator untuk  layanan baru, mengeliminasi struktur jaringan tradisional yang kompleks dan boros. Bagi operator jaringan bergerak dan tetap, untuk jangka panjang IMS menyediakan jalur migrasi yang lebih aman menuju arsitektur yang total berbasis IP yang mampu menyediakan permintaan user akan layanan baru yang lebih variatif, menarik dan berguna. IP Multimedia Subsystem (IMS) menyediakan pola sukses internet pada jaringan telekomunikasi, yang akan menyelesaikan masalah-masalah tersebut yang menganggu operator telekomunikasi.
IMS adalah subsistem pengendali pada layer yang lebih tinggi, tidak tergantung pada akses teknologi tertentu. Perlu lebih jauh diklarifikasi apa yang dimaksud dengan menggabungkan dunia internet dan seluler dan di mana letak keuntungannya. Untuk itu, diperlukan pengenalan domain-domain yang berbeda pada jaringan 3G berbasis IMS, yaitu domain circuit-switched dan packet-switched.

Arsitektur IMS juga memiliki Tiga lapisan :

3. Lapisan Transport dan Endpoint
Lapisan ini berfungsi untuk menginisiasi dan mengakhiri pensinyalan SIP untuk membangun session dan menyediakan layanan bearer seperti mengkonversi voice dari format analog atau digital menjadi paket IP menggunakan Realtime Transport Protocol (RTP). Pada layer ini disediakan media gateway untuk mengkonversiVoIP bearer stream menjadi format TDM PSTN. Media server menyediakan beberapa layanan media yang terlibat, termasuk conferencing , speech recognition, dan speech synthesis.

2.Lapisan Session Control
Pada lapisan session control ini terdapat Call Session Control Function (CSCF) yang menyediakan registrasi dari endpoint dan proses routing dari pesan pensinyalan SIP menuju application server yang dituju. Interworking antara CSCF dengan lapisan transport dan endpoint dimaksudkan untuk menjamin QoS semua layanan yang melaluinya. Dalam lapisan ini termasuk juga informasi registrasi end user yang sedang melakukan komunikasi (contohnya IPaddress), informasi roaming, layanan telephony (contohnya informasi call forwarding), informasi layanan instant messaging, dan pilihan voice mail. Lapisan session control termasuk juga Media Gateway Control Function (MGCF), yang bekerjasama antara SIP signalling dengan signalling yang digunakan oleh media gateway (seperti H.248). MGCF mengatur distribusi dari session melalui multiple media gateways. Sedangkan Media Server Function Control (MSFC) menyediakan fungsi yang sama untuk media server.

3. Layer Application Server
Dalam lapisan ini terdapat application server, yang menyediakan layanan end user logic. Pada arsitektur IMS dan pensinyalan SIP memiliki kemampuan yang cukup fleksibel untuk mendukung berbagai macam variasi dari application servers untuk komunikasi antara layanan telephony dan non telephony. Sebagai contohnya, standar SIP sudah dikembangkan untuk layanan telephony dan layanan IMS.

Keunggulan :

Keunggulan Layanan Berbasis Teknologi IMS adalah QoS (Quality of Service), pembebanan, dan integrasi layanan yang berbeda-beda. Problem utama dengan domain paket dalam memberikan layanan real-time multimedia adalah domain ini memberikan layanan yang bersifat best effort tanpa ada QoS. Jaringan tidak memberi jaminan jumlah bandwith yang didapat pengguna untuk suatu koneksi khusus atau mengenai waktu tunda yang dialami paket.

Jadi, salah satu alasan terciptanya IMS adalah untuk menyediakan QoS yang diperlukan untuk dinikmati pada sesi multimedia. IMS memperhatikan pembuatan sesi multimedia yang sinkron dengan QoS yang ditentukan sehingga pengguna terpuaskan.

Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar