TELEKOMUNIKASI JARINGAN “iDEN (integrated Digital)”

IDEN

integrated Digital Jaringan Ditingkatkan (iDEN) adalah teknologi telekomunikasi seluler, yang dikembangkan oleh Motorola, yang menyediakan para penggunanya manfaat dari radio berbatang dan telepon seluler. Telah disebut jaringan sosial mobile pertama oleh analis industri teknologi. iDEN menempatkan lebih banyak pengguna dalam memberikan ruang spektral, dibandingkan dengan sistem radio seluler dan dua arah analog, dengan menggunakan kompresi suara dan pembagian waktu multiple access (TDMA) .

Proyek iDEN awalnya dimulai sebagai Mirs (Motorola Terpadu Radio System) pada awal 1991. Proyek ini adalah percobaan laboratorium software difokuskan pada pemanfaatan spektrum tdk berhubungan untuk GSM nirkabel. Sistem GSM biasanya membutuhkan 24 kanal suara yang berdekatan, tetapi platform perangkat lunak yang asli Mirs dinamis yang dipilih saluran terfragmentasi dalam frekuensi radio (RF) spektrum sedemikian rupa sehingga switch GSM telekomunikasi bisa dimulai panggilan telepon yang sama karena akan di saluran bersebelahan skenario. The Mirs Sistem asli diganti namanya IDEN pada tahun 1994 oleh Roger Cameron Wood, seorang manajer program rekayasa muda memimpin upaya pengembangan produk yang juga memberikan handset desain industri khas mereka, fitur software kelompok, dan “kicauan” audio.

iDEN dirancang dan lisensi untuk beroperasi pada frekuensi individu yang mungkin tidak berdekatan. iDEN beroperasi pada 25 saluran kHz, tetapi hanya menempati 20 kHz untuk memberikan perlindungan gangguan melalui guard bands. Sebagai perbandingan, TDMA Seluler (Digital AMPS), diberikan dalam blok 30 saluran kHz, tetapi masing-masing emisi menempati 40 kHz, dan mampu melayani jumlah yang sama pelanggan per channel sebagai iDEN. iDEN menggunakan frekuensi-division duplexing untuk mengirim dan menerima sinyal secara terpisah, dengan mengirim dan menerima band dipisahkan oleh 39 MHz, 45 MHz, atau 48 MHz tergantung pada pita frekuensi yang digunakan.

Handset iDEN komersial pertama adalah Motorola L3000, yang dirilis pada tahun 1994  Lingo, yang merupakan singkatan dari link Orang di Go, digunakan sebagai logo untuk handset sebelumnya. Kebanyakan handset iDEN modern menggunakan kartu SIM, mirip dengan, tapi tidak sesuai dengan kartu SIM GSM handset ‘. Model iDEN awal seperti i1000plus menyimpan semua informasi pelanggan dalam handset itu sendiri, membutuhkan data yang akan di-download dan ditransfer harus pelanggan ingin beralih handset. Handset baru menggunakan teknologi SIM membuat upgrade atau mengubah handset semudah menukar kartu SIM. Empat kartu SIM berukuran berbeda ada, “Berupaya” SIMS digunakan hanya dengan i2000 tanpa data, “Condor” SIMS digunakan dengan model dua-digit (i95cl, misalnya) menggunakan SIM dengan memori kurang dari model tiga digit (i730, i860), “Falcon” SIMS digunakan dalam ponsel tiga digit, (i530, i710) dan akan membaca SIM yang lebih kecil untuk kompatibilitas, namun beberapa fitur canggih seperti informasi kontak tambahan tidak didukung oleh lebih tua SIM kartu . Ada juga “Falcon 128” SIM, yang sama seperti aslinya “Falcon”, tapi dua kali lipat memori, yang digunakan pada ponsel 3 digit baru (i560, i930).

radio dasar iDEN di situs sel

Interkoneksi-sisi jaringan iDEN menggunakan GSM sinyal untuk panggilan set-up dan manajemen mobilitas, dengan Abis stack protokol dimodifikasi untuk mendukung fitur tambahan iDEN itu. Motorola telah bernama tumpukan ini dimodifikasi ‘Mobis’ .

Setiap situs dasar memerlukan informasi yang tepat waktu dan lokasi untuk menyinkronkan data di seluruh jaringan. Untuk mendapatkan dan mempertahankan informasi ini setiap situs dasar menggunakan satelit global positioning system untuk menerima referensi waktu yang tepat .

iDEN mendukung tiga atau enam pengguna interkoneksi (pengguna telepon) per channel, dan enam pengguna dispatch (push-to-talk pengguna) per channel, menggunakan pembagian waktu multiple access. Slot waktu mengirim dan menerima ditugaskan untuk setiap pengguna yang sengaja disajikan di waktu sehingga pengguna tunggal tidak pernah perlu untuk mengirim dan menerima pada waktu yang sama. Ini menghilangkan kebutuhan untuk duplexer pada akhir mobile, karena time-division duplexing RF penggunaan bagian dapat dilakukan.

Di Amerika Serikat ada beberapa penyedia layanan iDEN, SouthernLINC Wireless dan beberapa penyedia layanan iDEN publik dan swasta kecil. Banyak sistem swasta ada, termasuk yang dijalankan oleh ARINC, yang mencakup semua bandara besar. Negara-negara yang memiliki jaringan iDEN operasi termasuk Kanada, Argentina, Peru, Meksiko, Brasil, Yordania, Chili, Israel, Filipina, Singapura, Arab Saudi, Jepang, El Salvador, Cina dan terakhir India dan Guatemala.

Sprint Nextel menyediakan layanan iDEN di seluruh Amerika Serikat, namun jaringan iDEN yang telah dinonaktifkan pada tanggal 30 Juni 2013.

Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Satu Balasan ke TELEKOMUNIKASI JARINGAN “iDEN (integrated Digital)”

  1. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komunikasi Data | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar