PERKEMBANGAN TEKNOLOGI JARINGAN (CDMA 1xEV-DO Revision A)

 CDMA (Coded Division Multiple Access) adalah sebuah metode askses yang secara bersama membagi kanal tanpa mengenal waktu atau frekuansi, namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus.

 Pada tahun 2006, teknologi CDMA 1xEV-DO Revision A dipublikasikan. VDO atau EV-DO adalah kependekan dari Evolution Data Optimization atau juga Evolution Data Only. VDO atau EV-DO merupakan standar telekomunikasi baru yang dapat digunakan untuk mengakses Internet Broadband.

 Teknologi EV-DO Revision A sangat membanggakan, karena kecepatan data yang sangat cepat baik untuk mendownload maupun upload. Kecepatan download akses ke mobile device hingga mencapai 3.1 Mbps, sedangkan untuk kecepatan uploadnya hingga mencapai 1.8 Mbps yang kemungkinan penggunanya dapat mengakses internet dengan sangat cepat. Kehebatan teknologi EV-DO Rev A ini sudah dibuktikan oleh Sprint dan Verizon yang menjadi market leader di Negara Amerika Serikat. Selain itu broadband CDMA menyediakan potensi nirkabel yang memancarkan sinyal lebih kuat dari teknologi seluler lainnya.

 Prioritas lain dari teknologi EV-DO Rev A ini adalah memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh pesaingnya (teknologi HSDPA), dimana pada teknologi ini terdapat fitur ‘service control’ yang dapat mengenali trafik data apa saja yang sedang melewatinya sekaligus mampu untuk memberikan prioritas terhadap paket tersebut. Pemberian prioritas ini dapat dilakukan juga berdasarkan profile dari pelanggannya. Fitur ini akan sangat berguna bagi operator untuk mengatur lalu lintas data yang akan lewat pada jaringan EV-DO yang dimilikinya. Contoh dari fitur ini adalah pelanggan premium, akan mendapatkan prioritas tertinggi sehingga pengalaman ber-internetnya akan lebih baik dari pada pelanggan biasa. Operator juga dapat mendefinisikan bahwa pelanggan yang melakukan browsing akan mendapatka prioritas tinggi dari pada pelanggan yang mendownload konten dari internet.

 Teknologi EV-Do juga sangat cocok digunakan untuk aplikasi delay sensitive (aplikasi yang mengharuskan koneksi internet cepat secara continue) semacam Voice Over IP (VoIP). dengan menggunakan teknologi ini, suara yang dihasilkan lebih jernih. Aplikasi lain dari teknologi ini adalah transfer video pada perangkat video surveillance yang sudah didukung oleh protokol IP. Contoh melalui perangkat video, kita dapat memonitor dan mengetahui keadaan dirumah. Mengingat momentum pasarnya sangat penting, teknologi 3G CDMA akan terus menjadi platform pemimpin di dunia komunikasi bergerak (mobile), termasuk dalam hal layanan mobile broadband canggih, bahkan jauh melewati tahun 2020.

Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar