Perkembangan Teknologi Jaringan Advanced Mobile Phone Service (AMPS)

images

Advanced Mobile Phone Service (AMPS) adalah sistem selular analog asli  dari Amerika Serikat. Hal ini masih digunakan secara luas dan pada 1997 yang beroperasi di lebih dari 72 negara. AMPS terus berkembang untuk memungkinkan fitur-fitur canggih seperti meningkatkan waktu siaga, narrowband saluran radio, dan anti-penipuan otentikasi prosedur. AMPS adalah teknologi mobile telephone generasi pertama yang masih menggunakan system analog FDMA (Freqwency Division Multiple Access). AMPS beroperasi pada frekwensi 800 MHz, 821 – 849 MHz untuk base station receiving dan 869 – 894 MHZ untuk base station transmitting.

Teknologi AMPS (Advanced Mobile Phone System) digolongkan dalam generasi pertama teknologi telekomunikasi bergerak yang menggunakan teknologi analog dimana AMPS bekerja pada band frekuensi 800 Mhz dan menggunakan metode akses FDMA (Frequency Division Multiple Access).

Dalam FDMA, user dibedakan berdasarkan frekuensi yang digunakan dimana setiap user menggunakan kanal sebesar 30 KHz. Ini berarti tidak boleh ada dua user yang menggunakan kanal yang sama baik dalam satu sel maupun sel tetangganya.

Oleh karena itu AMPS akan membutuhkan alokasi frekuensi yang besar. Saat itu kita sudah memakai handphone tetapi masih dalam ukuran yang relatif besar dan baterai yang besar karena membutuhkan daya yang besar.

Keutamaan AMPS (Advanced Mobile Phone System) dengan frekuensi 800Mhz ini merupakan standar baru dari teknologi jaringan. Orang-orang pada zaman ini tidak terlalu butuh campur tangan manusia karena semuanya sudah otomatis tetapi dengan bentuk yang kecil. Mereka membuat ponsel yang kuat dan berukuran besar, baterainya juga tebal sampai akhirnya tersebar ke seluruh dunia.

Kelebihan AMPS antara lain :

  • Kecepata transmisinya berkisar antara 2.4 sampai 14.4 kbps

Karena masih menggunakan teknologi analog, AMPS memiliki beberapa kekurangan antara lain :

  • Kapasitasnya masih terbatas, karena dalam system analog penggunaan suatu kanal akan dedicated untuk suatu subscriber. Maka pada saat subscriber itu tidak dalam keadaan berkomunikasi, kanal itu tidak dapat digunakan oleh subscriber lain.
  • Feature yang ditawarkan masih terbatas pada suara.
  • Keamanan, dimana system analog sangat gampang untuk disadap.

 

Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Perkembangan Teknologi Jaringan Advanced Mobile Phone Service (AMPS)

  1. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komunikasi Data | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar