GPRS (General Packet Radio Service)

images (3)

General Packet Radio Service atau GPRS adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).

Komponen Utama GPRS :

Komponen-komponen utama jaringan GPRS adalah :

  • GGSN (Gateway GPRS Support Node) merupakan gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data Network), information routing, network screening, user screening, address mapping.
  • SGSN (Serving GPRS Support Node) adalah gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, updatepelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru.
  • PCU adalah komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS.

Kelebihan GPRS :

  • Teknologi Jaringan GPRS mempunyai kecepatan yang mampu mencapai hingga 171,2 kbps.
  • GPRS sendiri menggunakan sistem yang selalu terhubung. Sistem tersebut berupa :  – Gateway GPRS Support Node (GGSN)
    Gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke Public Data Network (PDN), information routing, network screening, user screening,and address mapping.
     – Serving GPRS Support Node (SGSN)
    Gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru.
     – Packet Control Unit (PCU)
    Komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS.

Kekurangan GPRS :

  • Adanya keterbatasan kemampuan dari gadget itu sendiri untuk jaringan GPRS.
  • Pada kenyataannya, ternyata kecepatan GPRS tidak sesuai dengan yang sering diberitakan. Rata-rata kecepatan yang didapat dibawah 170 Kbps.
Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar