JARINGAN CDMA

Cdma-large

Dalam perkembangan teknologi telekomunikasi telepon selular terutama yang berkaitan dengan generasi ke-tiga (3G), CDMA menjadi teknologi pilihan masa depan. CDMA juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.

Setiap kanal/pengguna (user) pada CDMA menggunakan waktu dan frekuensi secara bersamaan. Untuk membedakan setiap kanal/pengguna maka digunakan kode yang unik yang juga digunakan untuk melebarkan sinyal. Kode ini disebut Pseudo Random Noise (PN Code) yang merupakan deretan data berkecepatan tinggi yang berharga polar (-1 & +1) atau non polar (0 & 1).

Ternyata kemungkinan panas pada handset CDMA adalah karena proses pada CDMA lebih banyak dibandingkan GSM. Proses yang tidak ada pada GSM adalah proses mengurai sandi dan menyandikan setiap percakapan dan meruba-rubah frekuensi karena CDMA berbasis spread spectrum (Spektrum Tersebar). Sehingga handset CDMA butuh lebih banyak tenaga dalam operasinya karena tidak hanya memancar dan menerima percakapan namun juga menyandikan dan mengurai sandi setiap percakapan. Jadi biar tidak kepanasan waktu nelpon, solusinya adalah kita bisa memakai headset.

Banyak orang berpikir bahwa CDMA lebih murah dibandingkan GSM tetapi tidak bisa semobile GSM. Kenyataan bahwa CDMA lebih murah dari pada GSM memang benar. Namun bergantung pada operatornya. Jika operatornya memakai lisensi fixed wireless (Flexi, StarOne, Esia, dll) memang biaya pulsanya akan lebih murah (bila menelpon PSTN lokal). Tetapi apabila operatornya memakai lisensi wireless (Fren, dll) biaya pulsanya bisa sama dengan biaya pulsa operator GSM. Kemudian salah pengertian yang kedua adalah masalah mobilitas dari CDMA. Sekali lagi itu soal lisensi apa yang dipakai. Kalau memakai lisensi fixed wireless yang tidak semobile GSM karena sebenarnya lisensi fixed wireless hampir sama dengan PSTN. Hanya bekerja di wilayah atau kode area tertentu, apabila keluar dari wilayahnya maka akan langsung mati. Tetapi kalau memakai lisensi wireless akan sama seperti GSM, bisa dibawa kemana aja asalkan masih ada sinyal.

Sejarah dan Perkembangan Teknologi CDMA

Teknologi CDMA pada awalnya dipergunakan dalam komunikasi radio militer Amerika Serikat (AS), mulai tahun 1990 patennya diberikan kepada Qualcomm, Inc. dan dijadikan sebagai standar seluler digital di AS sejak tahun 1993. Oleh karena itu tidak heran jika teknologi ini sangat aman karena tidak dapat digandakan (dikloning).

CDMA (code division multiple access) adalah teknologi akses jamak dimana masing-masing user menggunakan code yang unik dalam mengakses kanal yang terdapat dalam system. Pada CDMA, sinyal informasi pada transmitter dicoding dan disebar dengan bandwidth sebesar 1.25 MHz (spread spectrum), kemudian pada sisi repeater dilakukan decoding sehingga didapatkan sinyal informasi yang dibutuhkan.

CDMA adalah sebuah teknologi militer yang digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan untuk mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa frekuensi, menyulitkan Jerman untuk menangkap sinyal yang lengkap. Sejak itu CDMA digunakan dalam banyak sistem komunikasi, termasuk pada Global Positioning System (GPS) dan pada sistem satelit OmniTRACS untuk logistik transportasi. Sistem terakhir didesain dan dibangun oleh Qualcomm, dan menjadi cikal bakal yang membantu insinyur-insinyur Qualcomm untuk menemukan Soft Handoff dan kendali tenaga cepat, teknologi yang diperlukan untuk menjadikan CDMA praktis dan efisien untuk komunikasi seluler terrestrial.

Sejumlah istilah yang berbeda digunakan untuk mengacu pada penerapan CDMA. Standar pertama yang diprakarsai oleh QUALCOMM dikenal sebagai IS-95, IS mengacu pada sebuah Standar Interim dari Telecommunications Industry Association (TIA). IS-95 sering disebut sebagai 2G atau seluler generasi kedua. Merk dagang cdmaOne dari QUALCOMM juga digunakan untuk menyebut standar 2G CDMA.

System CDMA QUALCOMM meliputi sinyal waktu yang sangat akurat (biasanya mengacu pada sebuah receiver GPS pada stasiun pusat sel (cell base station)), sehingga jam berbasis telepon seluler CDMA adalah jenis jam radio yang semakin populer untuk digunakan pada jaringan komputer. Keuntungan utama menggunakan sinyal telepon seluler CDMA untuk keperluan jam referensi adalah bahwa mereka akan bekerja lebih baik di dalam bangunan, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk memasang sebuah antena GPS di luar bangunan.

Jejak perekembangan CDMA 

  1. Pada tahun 1988 Qualcomm sebagai salah satu perusahaan  di amerika utara yang terkemuka membuat konsep CDMA selular.
  2. Kemudian pada tahun 1989 .Qualcomm mengadakan demonstrasi memperkenalkan CDMA  pertama kali di san diego ,amerika.
  3. Tahun 1991,Qualcomm berhasil mengadakan tes skala besar  di san diego amerika.
  4. Tahun 1992,CDMA  soft hand off dari perusahaan Qualcomm  di patenkan oleh pemerintah amerika .
  5. Tahun 1993 ,CDMA  market trial pertama kali mulai di pasarkan Telecommunications Industry Asociation ( TIA) di amerika serikat menggunakn CDMA  sebagai standar komunikasi digital .korea selatan juga suadah mulai mempelajari dan mencoba mengimplementasikan CDMA teknologi.
  6. Tahun 1994 .perusahhan Qualcomm bersama perusahaan terkemuka yaitu Sony Electronics (sony.Co.Ltd) mendirikan sebuah perisahaan patungan (joint venture) dengan nama Qualcomm personal electronics (QPE) untukmengembangakan dan memproduksi handphone berbasis teknologi CDMA.
  7. Tahun 1995 jaringa CDMA yang menjangkau beberapa Negara di dunia untuk pertama kalidi luncurkan.Qualcomm meluncurkan CDMA  one handset pertama kali.
  8. Tahun 1997 .jaringan CDMA  sudah mulai masuk  wilayah jepang.IS-95B standart completed untuk CDMA  system  ( meliputi penambahan kemampuan transmisi data menjadi 64 kbps ).
  9. Tahun 1998, telecommunication industry association menyaranakan konsep CDMA 2000 sebagai solusi komunikasi 3G unruk international telecommunication union.perusahaan LG telecom merilis data service CDMA  untuk pertama kali.
  10. Tahun 2000.japan’s IDO dan DDI mulai mengembangkan 64 kbps CDMA paket data service.Qualcomm,Samsung dan sprint PCS adalah 3 Perusahaan terkemuka secara bersama-sama merilis 3G CDMA  voice call.dua perusahaan yaitu Qualcomm dan lucrent melengkapi perilisan 153 kbps 3G  CDMA 2000 data call.Qualcomm menjual peralatan bisnis handset CDMA Kyocera Wireless corp.perusahaan terkemuka SK telecom meluncurkan 3G CDMA  2000 pelayanan komersial kelas dunia untuk pertama kali di dunia.
  11. Tahun 2001 Qualcomm memperkenalkan BREW  system QCT dan Nortel N etworks memperkenal kan mobile IP call pertama .ketiga perusahaan terkemuka dunia yaitu QCT,schlumburgersema dan Samsung mendemonstrasikan CDMA roaming menggunakan RUIM-embled CDMA  handset.gpsone diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan terkemuka milik jepang yaiyu SCOM.
  12. Tahun 2005 .samapai tahunini data statistic menunjukkan bahwa sudah ada 143 operator penyedia layanan CDMA 2000 di 67 negara .kemudian ada 64 perusahaan penghasil maupun pendukung peralatan layanan CDMA 2000 baik handset maupun aksesoris tambahan lainnya .

 

Komponen fisik dari system CDMA adalah:

  1. User CDMA mobile device dapat berupa mobile phone,nonmobile phone,computer dl
  2. BTS (base transceiver station) ,merupakan alat /devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu.
  3. Operator CDMA bertugas untuk mengatur lau lintas  data  informasi.
  4. Satelit dash ,fungsi sebagai penghubung antara pengiriman sinyal dari bumi ke satelit untuk suatu luasan yang sngat besar.
  5. Satelit,berfungsi sebagai penghubung antara daerah- daerah yang jauh yang tak terjangkau oleh BTS dan stasiun-stasiun pemancar bumi.

Penggunaan di dalam telepon bergerak

Sejumlah istilah yang berbeda digunakan untuk mengacu pada penerapan CDMA. Standar pertama yang diprakarsai oleh QUALCOMM dikenal sebagai IS-95, IS mengacu pada sebuah Standar Interim dari Asosiasi Industri Telekomunikasi (Telecommunications Industry Association, TIA) yang terakreditasi oleh “American National Standards Institute” (ANSI)[1]. IS-95 sering disebut sebagai 2G atau seluler generasi kedua. Merk dagang cdmaOne dari QUALCOMM juga digunakan untuk menyebut standar 2G CDMA.

Setelah beberapa kali revisi, IS-95 digantikan oleh standar IS-2000. Standar ini diperkenalkan untuk memenuhi beberapa kriteria yang ada dalam spesifikasi IMT-2000 untuk 3G, atau selular generasi ketiga. Standar ini juga disebut sebagai 1xRTT yang secara sederhana berarti “1 times Radio Transmission Technology” yang mengindikasikan bahwa IS-2000 menggunakan kanal bersama 1.25-MHz sebagaimana yang digunakan standar IS-95 yang asli. Suatu skema terkait yang disebut 3xRTT menggunakan tiga kanal pembawa 1.25-MHz menjadi sebuah lebar pita 3.75-MHz yang memungkinkan laju letupan data (data burst rates) yang lebih tinggi untuk seorang pengguna individual, namun skema 3xRTT belum digunakan secara komersil. Yang terbaru, QUALCOMM telah memimpin penciptaan teknologi baru berbasis CDMA yang dinamakan 1xEV-DO, atau IS-856, yang mampu menyediakan laju transmisi paket data yang lebih tinggi seperti yang dipersyaratkan oleh IMT-2000 dan diinginkan oleh para operator jaringan nirkabel.

System CDMA QUALCOMM meliputi sinyal waktu yang sangat akurat (biasanya mengacu pada sebuah receiver GPS pada stasiun pusat sel (“cell base station”), sehingga jam berbasis telepon seluler CDMA adalah jenis jam radio yang semakin populer untuk digunakan pada jaringan komputer. Keuntungan utama menggunakan sinyal telepon seluler CDMA untuk keperluan jam referensi adalah bahwa mereka akan bekerja lebih baik di dalam bangunan, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk memasang sebuah antenaGPS di luar bangunan.

Yang juga sering dikacaukan dengan CDMA adalah W-CDMA. Teknik CDMA digunakan sebagai prinsip dari antarmuka udara W-CDMA, dan antarmuka udara W-CDMAdigunakan di dalam Standar 3G global UMTS dan standar 3G Jepang FOMA, oleh NTT DoCoMo and Vodafone; namun bagaimanapun, keluarga standar CDMA (termasukcdmaOne dan CDMA2000) tidaklah compatible dengan keluarga standar W-CDMA.

Aplikasi penting lain daripada CDMA, mendahului dan seluruhnya berbeda dengan seluler CDMA, adalah Global Positioning System, GPS.

Keuntungan CDMA

Teknologi CDMA sendiri memiliki berbagai keuntungan jika diaplikasikan dalam sistem seluler. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain:

  • Hanya membutuhkan satu frekuensi yang dibutuhkan untuk beberapa sektor/cell
  • Tidak membutuhkanequalizer untuk mengatasi gangguan spektrum sinyal
  • Dapat bergabung dengan metode akses lainnya, tidak membutuhkan penghitung waktu (guard time) untuk melihat rentang waktu dan penjaga pita (guard band) untuk menjaga intervensi antarkanal
  • Tidak membutuhkan alokasi dan pengelolaan frekuensi
  • Memiliki kapasitas yang halus untuk membatasi para pengguna akses
  • Memiliki proteksi dari proses penyadapan

Kelebihan CDMA

  • Biaya yang diperlukan relatif lebih murah dibandingkan mengunakan GSM
  • Kualitas panggilan lebih baik dan lancar

Kekurangan CDMA

  • Jaringan komunikasi sering terganggu
  • Jaringan CDMA terbatas atau kurang luas di Indonesia karena hanya pada beberapa daerah saja yang support CDMA ini.

Tentang dhinihavazah

Little human who loves art 🎶
Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Satu Balasan ke JARINGAN CDMA

  1. Ping balik: Daftar Tugas Komunikasi Data | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar