Apa yang anda ketahui tentang pengertian Dial-Up dan DSL?

1. Dial Up

dialup

Dial Up adalah jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem. Prosesnya seperti ini: komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Jika sudah terhubung maka komputer akan segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.

Layanan Dial-up masih banyak dipergunakan orang. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan memperoleh layanan koneksi dengan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), itu terjadi karena keterbatasan area geografis dan biaya.

Diperlukan perangkat-perangkat seperti berikut ini untuk melakukan Dial-up Connection:

  • Perangkat keras:
  • Komputer
  • Modem
  • Saluran Telepon
  • Perangkat Lunak: Biasanya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
  • Nama pengguna dan kata sandi: disediakan oleh ISP, login tidak bisa diganti tetapi password bida kita ganti sendiri untuk menjaga keamanan secara berkala.

Yang perlu kita lakukan yaitu:

  • Harus berlangganan ke salah satu ISP
  • Memasang modem ke komputer kita
  • Install software Internet yang telah disediakan oleh ISP
  • Mengkoneksikan/ Menghubungkan (dial-up) ke ISP

Sesudah komputer terkoneksi ke ISP maka pada saat itu komputer sudah bisa terhubung ke Internet dan kita bida memulai penjelajahan di Internet. Jika kita memutuskan hubungan modem ke ISP pada saat itu pula hubungan Internet kompuer akan terputus, itu karena hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem

Berikut ini adalah Contoh menghubungkan melalui ISP “TelkomNet Instan”. Untuk menghubungkan ke Internet, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan diantaranya yaitu:

  • Dialing (memanggil nomor, contoh 080989999)
  • Verifying Username (memverifikasikan nama pengguna dan password/sandi)
  • Handshaking (“berjabat tangan”, artinya menyeragamkan parameter koneksi)
  • Connecting (menghubungkan ke Internet).

2. Digital Subscriber Line (DSL)

e

DSL adalah singkatan dari Digital Subcriber Line, yang merupakan teknologi yang mampu menyediakan bandwith cukup tinggi ke rumah-rumah atau perusahaan dengan menggunakan media kabel telepon. Umumnya  kecepatan downolad dari DSL sekitar dari 128 kbit/d hingga 24.000 kb/d tetapi tergantung dari teknologi DSL tersebut.  Untuk ADSL Kecepatan upload lebih rendah dari download dan untuk SDSL sama cepat.

DSL menggunakan teknologi digital untuk mengirim data terkompressi melalui kabel telepon biasa yang terbuat dari tembaga (drop wire cable). Melalui Teknologi DSL ini akan membawa kedua sinyal analog serta digital pada satu kabel tersebut.Sinyal digital untuk komunikasi data sementara sinyal analog untuk suara. DSL akan mengkoneksikan dan membawa sinyal digital untuk komunikasi data dan bekerja dengan menggunakan modem khusus (disebut modem DSL) untuk membaca (encode) data tersebut dan kemudian mengirimkannya melalui frekquensi yang tidak terpakai pada kabel telepon tersebut. DSL memanfaatkan frekwensi tinggi untuk mengirim data dan frekwensi rendah untuk menyalurkan suara /faximili.

Kemampuan untuk memisahkan sinyal suara dan data ini adalah merupakan suatu keuntungan dari teknologi DSL yang mempunyai lebar data (bandwidth) yang lebih besar.

Peralatan

Membutuhkan suatu modem DSL. Alat ini mampu mengubah data dari sinyal digital menjadi sebuah sinyal voltase yang digunakan oleh komputer dalam jangkauan frekuensi yang sessuai kemudian dihubungkan ke jalur telepon.

Protokol dan konfigurasi 

Implementasi DSL mampu menciptakan jaringan routed atau jembatan. Kelompok komputer pengguna terhubungkan ke subnet tunggal dalam konfigurasi routed/ jembatan. Implementasi awal DHCP untuk menyediakan rincian jaringan seperti alamat IP kepada peralatan pengguna, dengan authentication melalui alamat MAC atau memberikan nama host. Kemudian implementasi seringkali menggunakan PPP melalui Ethernet atau ATM (PPPoA atau PPPoE).

Tentang Agung Maulana

Nothing!
Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

2 Balasan ke Apa yang anda ketahui tentang pengertian Dial-Up dan DSL?

  1. Ping balik: Daftar Tugas Pak Lukman Faruk, ST | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

  2. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komunikasi Data | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar