UAS Terapan Semester Ganjil

1. sebutkan dan jelaskan piranti piranti pendukung jaringan  komunikasi datkomputer baik software maupun hardware, berikan gambarnya ?
Hardware :
* Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator . Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Data dari komputer yang berbent Sinyal Digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi  sinyal analog  Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti Telefon dan Radio .

Comcast-Cable-Modem1
* HUB : Hub adalah salah satu perangkat dalam Jaringan Komputer yang berguna untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan. Dia bekerja di level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI.
Hub bertugas mengkoneksikan setiap node agar terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.

hub


* Router :
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Router berfungsi sebagai : penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

rauterex

* Kartu Jaringan (NIC) : Kartu jaringan NIC (network interface card) adalah sebuah Kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari Komputer ke seuah jaringan komputer .
Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis ,
Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).

nic

Software:

* Mozilla Firefox : (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, sederhana, dan sangat bisa dikembangkan  .

download (2)

* Internet Exploler : Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun

e

* Linux : Distribusi Linuxs (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti.

download

 

2. Sebutkan dan jelaskan fungsi piranti penyimpanan dan penyedia data , berikan gambar nya ?

Penyimpanan data komputer, berasal dari bahasa Inggris “computer data storage”sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu.Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi. Ia merupakan salah satu komponen fundamental yang terdapat di dalam semua komputer modern, dan memiliki keterkaitan dengan mikroprosesor, dan menjadi model komputer yang digunakan semenjak 1940-an.

 

FLASH MEMORY, Flash memory adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman.memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB flash drive), pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.

gyughx

OPTICAL DEVICES, Optical Devices adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan alat baca/tulis berupa optik. Media penyimpanannya berupa piringan CD/ DVD. Biasanya interface datanya melalui kabel IDE atau SATA namun ada juga yang sudah dikonversi menjadi USB pada external optical drive.

image_thumb[5]

USB FLASH DISK (FLASHDISK), USB flash drive (sering juga USB flash drive ini disebut Flashdisk atau UFD) adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi.Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006,kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 64 megabyte sampai 512 gigabyte.

usb flsdsk

3. Apa yang di maksud dngan konsentrator ?

Konsentrator adalah perangkat untuk menyatukan kabel – kabel jaringan dari setiap workstation , server atau perangkat dalam sebuah jaringan komputer

8_port_mini_ethernet_hub-300x300

  1. Sebutkan jenis-jenis konsentrator ethernet yang umum digunakan beserta fungsinya,     berikan gambarnya ?

Jawab :

1.Kartu token ring digunakan untuk protokol jaringan yang dibangun oleh IBM yang mana komputer mengakses jaringan melalui token passing. Topologi yang digunakan biasanya adalah star-wired-ring.

ddd

2.Kartu local talk digunakan untuk protokol yang dimiliki oleh apple corporation yang menggunakan skema media akses CSMA?CA dan mendukung transmisi data pada kecepatan 230 Kbps.

kartu jaringan (NIC)

  1. Apa yang dimaksud dengan printer server ?

Jawab : Print Server adalah suatu alat atau komputer yang dihubungkan ke satu atau lebih printer dalam suatu jaringan, alat atau komputer tersebut akan menerima perintah print dari komputer – komputer lain dan mengirimkan pada printer yang telah ditentukan.

Capture

6.  Apa yang anda ketahui tentang titik akses nirkabel berikan gambarnya ?

Jawab : LAN nirkabel (bahasa Inggris: Wireless LAN) adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.

Captureee

 

7. Apa yang anda ketahui tentang :
UART : bagian perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit bit pararal data dan bit bit serial .
UASRT : merupakan komunikasi yang memiliki fleksibiitas tinggi yang dapat di gunakan untuk melakukan transfer data baik anta  microcntroler maupun dengan modul eksternal termasuk pc yang memiliki fitur UART .

Serial pheripheral interface ( SPI ) : protocol data serial sicron pada bit satu waktu pertukaran data antar mikroprosessor dan peripheral seperti printer , drive eksternal , scaner , mouse .

DAC : perangkat untuk menconversikan sinyal  masukn dalam bentuk digital menjadi sinyal keluaran menjadi sinyal analog ( tegangan , arus muatan electrick ) . tegangan keluaran yang di hasil kan DAC sebanding dengan nilai digital (ADC) ,melakukan operasi mundur .

 

  1. Buatlah gambar pengubah analog ke digital (ADC) 8 bit dan gambar pengubah digital ke analog (DAC) 4 bit, Berikan contoh hardware pengubah digital ke analog (DAC) yang ada di sekitar kalian ?

 

Jawab :

  1.     KECEPATAN

 

 

2.2

 

Contoh hardware pengubah digital ke analog (DAC) =  Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer.

 

  1. Berikut protokol komunikasi komputer terapan jaringan
    a. RS-232
    b. RS-485
    c. USB
    d. Ethernet
    e. TCP/IP
    f. IEEE 802.11
    Pilihlah salah satu protocol maupun port komunikasi komputer terapan diatas selain USB, jelaskan secara jelas dan berikan gambar dari protocol maupun port tersebut.

 

Jawab :  TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) jika diterjemahkan adalah Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.

logo_tcp

 

  1. Jelaskan bagaimana kinerja I/O bus baik I/O Sistem Operasi, I/O Hardware, Application I/O Interface dll ??

Jawab :

a.I/O Hardware

Secara umum, I/O Hardware terdapat beberapa jenis seperti device penyimpanan
(disk,tape),    transmission device (network card, modem), dan human-interface device (screen, keyboard,mouse). Device tersebut dikendalikan oleh instruksi I/O. Alamat-alamat yang dimilikioleh device akan digunakan oleh direct I/O instruction dan memory-mapped I/O.Beberapa konsep yangumum digunakan ialah port, bus (daisy chain/ shared direct access), dan controller  (host adapter).o Port adalah koneksi yang digunakan oleh device untuk berkomunikasi dengan mesin.o Bus adalah koneksi yang menghubungkan beberapa device menggunakan kabel-kabel. o Controller adalah alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.

b.Application I/O Interface

Merupakan suatu mekanisme untuk mempermudah pengaksesan, sehingga sistem operasimelakukan standarisasi cara pengaksesan peralatan I/O. Contoh : suatu aplikasiingin membuk data yang ada dalam suatu disk, aplikasi tersebut harus dapat membedakan jenis disk apa yang akan  diaksesnya. Interface aplikasi I/O melibatkan abstraksi, enkapsulasi, dan software layering. Device driver mengenkapsulasi tiap-tiap peralatan I/O ke dalam masing-masing 1 kelas yang umum (interface standar). Tujuan dari adanya lapisan device driver ini adalah untuk menyembunyikan  perbedaan-perbedaan yang ada pada device controller dari subsistem I/O pada  kernel. Karena hal ini, subsistem I/O dapat bersifat independen dari hardware.

c.Kernel I/O subsystems
Kernel menyediakan banyak service yang berhubungan dengan I/O. Pada bagian ini,
kita akan mendeskripsikan beberapa service yang disediakan oleh kernel I/O subsystem,
dan kita akan membahas bagaimana caranya membuat infrastruktur hardware dan
device-driver. Service yang akan kita bahas adalah I/O scheduling, buffering, caching,
pooling, reservasi device, error handling.

d.I/O Requests to Hardware Operations
Salah satu contohnya adalah:
a. Ilustrasi membuka sebuah
–  Device mana tempat file yang akan dibuka
–  Menerjemahkan _nama_ ke dalam device yang dimaksud
–  Membaca secara fisik file yang hendak dibuka
–  Data sudah siap untuk diakses
–  Mengembalikan kontrol pada proses

e.Streams
I/O stream adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus
melalui suatu aliran data (dua arah).Biasa digunakan dalam network protocol dan
menggunakan  message passingdalam men-transferdata
Stream terdiri atas :
–  sebuah stream head yang merupakan antarmuka dengan user process,
–  sebuah driver end yang mengontrol device,
–  dan nol atau lebih stream modules

F.Performance
Faktor utama dalam performa sistem :
o Permintaan CPU untuk menjalankan device driver, kode kernel I/O
o Keadaan/state untuk melayani interrupt
o Copy data
o Network traffic khususnya pada beban kinerja

Improving Perfomance:
–    Menurunkan jumlah alih konteks.
–    Mengurangi jumlah pengkopian data ke memori ketika sedang dikirimkan antara device
dan aplikasi.
–    Mengurangi frekuensi interupsi, dengan menggunakan ukuran transfer yang besar,
smart controller, dan polling.
–    Meningkatkan concurrency dengan controller atau channel yang mendukung DMA.
–    Memindahkan kegiatan processing ke perangkat keras, sehingga operasi kepada device
controller dapat berlangsung bersamaan dengan CPU.
–    Menyeimbangkan antara kinerja CPU, memory subsystem, bus, dan I/O.

Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar