UAS Ganjil komputer terapan 2014-2015

1. Sebutkan dan jelaskan piranti-piranti pendukung jaringan komunikasi data komputer baik software mau hardware , berikan gambarnya ?

2. Sebutkan dan jelaskan fungsi piranti penyimpan dan penyedia data, berikan gambarnya?

3. Apa yang di maksud dengan konsentrator ?

4. Sebutkan jenis-jenis konsentrator ethernet yang umum digunakan beserta fungsinya, berikan gambarnya ?

5. Apa yang dimaksud dengan printer server ?

6. Apa yang anda ketahui tentang titik akses nirkabel, berikan gambarnya ?

7. Apa yang kalian ketahui tentang :

a. Universal Asynchronous Receiver Transmitter (UART).

b. Universal Synchronous Asynchronous Receiver Transmitter (USART).

c. Serial Peripheral Interface (SPI)

d. Serial Communication Interface (SCI)

e. Analog to Digital Converter (ADC)

f. Digital to Analog Converter (DAC)

8. Buatlah gambar pengubah analog ke digital (ADC) 8 bit dan gambar pengubah digital ke analog (DAC) 4 bit,Berikan contoh hardware pengubah digital ke analog (DAC) yang ada di sekitar kalian ?

9. Berikut protokol komunikasi komputer terapan jaringan

a. RS-232

b. RS-485

c. USB

d. Ethernet

e. TCP/IP

f. IEEE 802.11

Pilihlah salah satu protocol maupun port komunikasi komputer terapan diatas selain USB, jelaskan secara jelas dan berikan gambar dari protocol maupun port tersebut.

10. Jelaskan bagaimana kinerja I/O bus baik I/O Sistem Operasi, I/O Hardware, Application I/O Interface dll

jawaban :

1. hardware : 1. 1. Modem : Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. modem adalah alat komunikasi dua arah.  2. Hub adalah salah satu perangkat dalam Jaringan Komputer yang berguna untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan. 3. router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. 4.  Kartu Jaringan (NIC) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan darikomputer ke sebuah jaringan komputer.

1. modem download 2. hubhub 3. router ve 4. NIC indsdaex

software : 1. Sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. 2. Web browser adalah adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Mozilla Firefox adalah freeware yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE, mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna.Opera adalah mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain. Google Chrome adalah sebuah web browser baru yang diklaim memiliki terobosan baru dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan aplikasi berbasis web.

1. sistem operasi jaringan download 2.Web browser Web

2. 1. Hard disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. 2. Flashdisk adalah perangkat output daripada komputer untuk digunakan dalam hal menyimpan data,file, dokumen penting dll. 3. Floppy Disk adalah  alat penyimpanan yang berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk persegi panjang dengan daya penyimpanan pada umumnya sebesar 1,44 MB. 4. CD adalah  sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul. CD juga mempunyai diameter luar sebesar 120 mm dan diameter dalam sebesar 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. 5. DVD adalah merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB.

1. hardisk image[30] 2. flashdisk image 3. floppy disk image 4. cd image 5. dvd image

3. Konsentrator adalah perangkat untuk menyatukan kabel–kabel jaringan dari setiap workstation,server atau perangkat dalam sebuah jaringan komputer.

4. 1. NIC (Network Interface Card) merupakan peralatan yang memungkinkan terjadinya hubungan antara jaringan dengan komputer workstation atau jaringan dengan komputer server. 2. Switch adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN yang terpisah serta menyediakan filter paket antar LAN. 3. WAP (Wireless Access Point) adalah peralatan yang berfungsi sebagai pusat kominikasi data dalam jaringan WLAN (Wireless LAN). Dalam mode operasi yang umum digunakan (Infrastrucrure mode), semua server wireless berkomunikasi dengan workstation atau dengan server lain melalui WAP. 4. Bridge adalah Merupakan alata yang berfungsi membagi sebuah jaringan besar menjadi dua jaringan yang lebih kecil, sehingga menjadi jaringan yang lebih efisien. 5. Repeater adalah alat yang dapat menguatkan (boost) isyarat jaringan yang melintasinya.

1. NIC NIC 2. switch Switch 3. WAP Wireless Acces Point 4. Bridge 5. Bridge

5. printer Server,adalah komputer atau perangkat yang terhubung ke satu atau lebih printer dan computer klien melalui jaringan dan dapat menerima pekerjaan cetak dari komputer dan mengirim pekerjaan ke printer yang sesuai

6.  titik akses nirkabel (bahasa Inggris: wireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan peranti nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, atau standar lain.

220px-Linksys_WAP54G

7. UART atau Universal Asynchronous Receiver-Transmitter adalah bagian perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan bit-bit serial. USART merupakan komunikasi yang memiliki fleksibilitas tinggi, yang dapat digunakan untuk melakukan transfer data baik antar mikrokontroler maupun dengan modul-modul eksternal termasuk PC yang memiliki fitur UART. Serial Peripheral Interface (SPI) adalah protokol data serial sinkron digunakan oleh mikrokontroler untuk berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat periferal cepat jarak pendek. Sebuah komunikasi serial interface (SCI) adalah perangkat yang memungkinkan seri(satu bit pada satu waktu) pertukaran data antara mikroprosesor dan peripheral seperti printer, drive eksternal, scanner, atau tikus. ADC adalah perangkat yang digunakan untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk analog (tegangan, arus, muatan electrik) menjadi sinyal keluaran dalam bentuk digital. DAC adalah perangkat untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk digital menjadi sinyal keluaran dalam bentuk analog (tegangan, arus, muatan electrik).

9. Ethernet merupakan sebuah teknologi jaringan yang menggunakan metode transmisi Baseband yang mengirim sinyal secara serial pada satu waktu.Ethernet menggunakan metode kontrol akses media Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection yaitu untuk menentukan stasiun yang dapat mentransmisikan data pada waktu tertentu melalui media yang digunakan. Jika tidak ada komputer yang sedang mentransmisikan data, maka setiap komputer yang mau mengirimkan data dapat mencoba untuk mengambil alih jaringan untuk mentransmisikan sinyal. Jika dua station hendak mencoba untuk mentransmisikan data pada waktu yang sama, maka kemungkinan akan terjadi kolisi/tabrakan, yang akan mengakibatkan dua station tersebut menghentikan transmisi data. Semakin banyak station dalam sebuah jaringan Ethernet, akan mengakibatkan jumlah kolisi yang semakin besar dan kinerja jaringan pun akan menjadi buruk. Kinerja Ethernet yang seharusnya 10 Mbit/detik, jika dalam jaringan terpasang 100 node, umumnya hanya menghasilkan kinerja yang berkisar antara 40% hingga 55%.

Ethernet menggunakan beberapa metode untuk melakukan enkapsulasi paket data menjadi Ethernet frame, yaitu sebagai berikut:

v  Ethernet II (digunakan untuk TCP/IP)

v  Ethernet 802.3 (dikenal sebagai Raw 802.3 dalam sistem jaringan Novell, untuk berkomunikasi dengan Novell NetWare versi 3.11 atau yang sebelumnya)

v  Ethernet 802.2 (dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 without Subnetwork Access Protocol, untuk konektivitas dengan Novell NetWare 3.12)

v  Ethernet SNAP (dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 with SNAP, dibuat sebagai kompatibilitas dengan sistem Macintosh yang menjalankan TCP/IP)

10.

Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Satu Balasan ke UAS Ganjil komputer terapan 2014-2015

  1. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komputer Terapan | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar