UAS GANJIL KOMPUTER TERAPAN

1. Sebutkan dan jelaskan piranti-piranti pendukung jaringan komunikasi data komputer baik software maupun hardware , berikan gambarnya

  1. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

modem

  1. HUB

Hub adalah salah satu perangkat dalam Jaringan Komputer yang berguna untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan. Dia bekerja di level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI.

  1. Router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.

  1. Kartu Jaringan (NIC)

Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juganetwork card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan darikomputer ke sebuah jaringan komputer.

Software Pendukung Jaringan Internet

Mozilla Firefox

Firefox dari Mozilla Corporation adalah freeware yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE, mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Firefox memiliki semacam tabs untuk menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Mesin pencari terkenal seperti Google juga telah “digunakan” oleh Firefox.

wpid-2014-11-19-08-34-52-508896176.jpeg

Google Chrome

Google melancarkan web browser dengan meluncurkan Chrome, sebuah web browser baru yang diklaim memiliki terobosan baru dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan aplikasi berbasis web.

  1. Sebutkan dan jelaskan fungsi piranti penyimpan dan penyedia data, berikan gambarnya ?

1. Hard disk 

Hard disk merupkan alat penyimpanan data sekunder yang kapasitasnya cukup besar. Selain memiiki kapasitas yang bervariasi harddisk juga memiliki interface yang berbeda sesuai teknologi yang diusungnya. Dalam computer desktop saat ini harddisk memiliki fungsi utama untuk meyimpaan system operasi dan aplikasi yang ada.

hardisk

2. Flashdisk

Flasdisk merupakan media penyimpan data paling popular dalam hal mobilitas karena karena ukurannya yang kecil. Selain untuk menyimpan data penting saat ini Flashdisk juga berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.

fd

  1. Sebutkan dan jelaskan fungsi piranti penyimpan dan penyedia data, berikan gambarnya?1. Hard disk
    image
    Hard disk merupkan alat penyimpanan data sekunder yang kapasitasnya cukup besar. fungsinya untuk menyimpan data tetapi lebih portable karena menggunakan interface USB.

    2. Flashdisk

    image
    Flasdisk merupakan media penyimpan data paling popular dalam hal mobilitas karena karena ukurannya yang kecil. Selain untuk menyimpan data penting saat ini Flashdisk juga berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.

    3. Floppy Disk
    imageFloppy disk adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk persegi panjang dengan daya penyimpanan pada umumnya sebesar 1,44 MB. Dengan kapasitas sebesar itu tentunya dalam fungsionalitas sebagai penyimpan data portable pada masanya floppy disk hanya cukup menampung beberapa file saja. Disket juga berfungsi sebagai media untuk menjalankan OS DOS.
    4. CD
    image
    CD adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul. CD juga mempunyai diameter luar sebesar 120 mm dan diameter dalam sebesar 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB.
    kebebanyakan digunakan untuk menyimpan data berupa music, gambar, dan video.

    5. DVD
    image
    DVD merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama seperti CD.

    6. Blue Ray
    image
    Jika sebelumnya ada CD dan DVD, versi selanjutnya yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB.
    Bluray dipasaran kebanyakan digunakan untuk penyimpanan film/video.

    7. Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK)
    image
    Fluorescent merupakan yang saat ini menempati media penyimpanan yang paling besar, betapa tidak dengan kapasitas penyimpanannya sebesar 140 GB mampu membaca data sebesar 1GB perdetik. Biasa disebut juga FM Disk, permukaannya yang transfaran bisa dilihat dari sisi depan atau belakang, karena dua sisi tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan data alias Multilayer. FM Disk berfungsi untuk menyimpan berbagai data termasuk file dokumen.

  2. Apa yang di maksud dengan konsentrator ?Konsentrator adalah perangkat untuk menyatukan kabel – kabel jaringan dari setiap workstation , server atau perangkat dalam sebuah jaringan komputer
  3. Sebutkan jenis-jenis konsentrator ethernet yang umum digunakan beserta fungsinya, berikan gambarnya ?1. Titik Akses Nirkabel ( Wireless Access Point )

    image_thumb1

    Access Point itu kaya sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena buat transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.

    Fungsi Access Point

    1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
    2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
    3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
    4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel

    2. Router

    image_thumb2

    Pengertian Router itu perangkat jaringan yang berfungsi buat menghubungkan beberapa jaringan atau network, baik jaringan yang menggunakan teknologi sama atau yang berbeda dalam mengatur lalulintas jaringan.

  4. Apa yang dimaksud dengan printer server ? sistem komputer dalam jaringan yang menangani dan meneksekusi ermintaan percetakan dari perangkat jaringan lainnya.
  5. Apa yang anda ketahui tentang titik akses nirkabel, berikan gambarnya ?. titik akses nirkabel (bahasa Inggriswireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan peranti nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringandengan menggunakan Wi-FiBluetooth, atau standar lain. piranti titik akses
  6. Apa yang kalian ketahui tentang :
  • . Universal Asynchronous Receiver Transmitter (UART)adalah bagian perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan bit-bit serial. UART biasanya berupa sirkuit terintegrasi yang digunakan untuk komunikasi serial pada komputer atauport serial perangkat periperal. UART sekarang ini termasuk di dalam beberapa mikrokontroler (contohnya, PIC16F628).
  • Universal Synchronous Asynchronous Receiver Transmitter (USART)merupakan salah satu mode komunikasi yang dimiliki oleh Mikrokontroler ATMega8535. USART memiliki 2 pin (RxD dan TxD) untuk Asynchronous dan 3 bit TxD, RxD, xCK untuk Synchronous.
  • Serial Peripheral Interface (SPI)adalah sebuah antarmuka bus yang biasa digunakan untuk mengirim data antara mikrokontroler dan perangkat kecil seperti register geser , sensor , dan kartu SD . Menggunakan jam dan data baris terpisah , bersama dengan garis pilih untuk memilih perangkat yang ingin Anda ajak bicara.
  • Serial Communication Interface (SCI) 

    adalah perangkat yang memungkinkanseri (satu bit pada satu waktu) pertukaran data antara mikroprosesor dan peripheral seperti printer, drive eksternal, scanner, atau tikus.

  • Analog to Digital Converter (ADC) 

    adalah pengubah atau pengkonversi sinyal dari sinyal Analog ke Digital

  • Digital to Analog Converter (DAC) 

    perangkat untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk digital menjadi sinyal keluaran dalam bentuk analog (tegangan, arus, muatan electrik)

8.  Buatlah gambar pengubah analog ke digital (ADC) 8 bit dan gambar pengubah digital ke analog (DAC) 4 bit, Berikan contoh hardware pengubah digital ke analog (DAC) yang ada di sekitar kalian ?

9. Berikut protokol komunikasi komputer terapan jaringan

  • RS-232merupakan protokol serial yang digunakan untuk berkomunikasi antara perangkat atau instrumen dengan komputer melalui Port COMM. Untuk melakukan komunikasi melalui protokol ini, diperlukan sebuah serial driver.

    Fungsi RS232 adalah untuk menghubungkan / koneksi dari perangkat yang satu dengan perangkat yang lain, atau peralatan standart yang menyangkut komunikasi data antara komputer dengan alat-alat pelengkap komputer

  • rs232
  • RS-485

  • USB

  • Ethernet

  • TCP/IP

  • IEEE 802.11

Pilihlah salah satu protocol maupun port komunikasi komputer terapan diatas selain USB, jelaskan secara jelas dan berikan gambar dari protocol maupun port tersebut.

10. Jelaskan bagaimana kinerja I/O bus baik I/O Sistem Operasi, I/O Hardware, Application I/O Interface dll

A.I/O Hardware

Secara umum, I/O Hardware terdapat beberapa jenis seperti device penyimpanan
(disk,tape), transmission device (network card, modem), dan human-interface device (screen, keyboard,mouse). Device tersebut dikendalikan oleh instruksi I/O. Alamat-alamat yang dimiliki device akan digunakan oleh direct I/O instruction dan memory-mapped I/O. Beberapa konsep yang umum digunakan ialah port, bus (daisy chain/ shared direct access), dan controller  (host adapter).

  • Port adalah koneksi yang digunakan oleh device untuk berkomunikasi dengan mesin.
  • Bus adalah koneksi yang menghubungkan beberapa device menggunakan kabel-kabel.
  • Controller adalah alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.

B.Application I/O Interface

Merupakan suatu mekanisme untuk mempermudah pengaksesan, sehingga sistem operasi melakukan standarisasi cara pengaksesan peralatan I/O.

Interface aplikasi I/O melibatkan abstraksi, enkapsulasi, dan software layering. Device driver mengenkapsulasi tiap-tiap peralatan I/O ke dalam masing-masing 1 kelas yang umum (interface standar). Tujuan dari adanya lapisan device driver ini adalah untuk menyembunyikan  perbedaan-perbedaan yang ada pada device controller dari subsistem I/O pada  kernel. Karena hal ini, subsistem I/O dapat bersifat independen dari hardware.

Fungsi ini sering digunakan oleh sistem operasi. Akan tetapi, system call untuk pemanggilan fungsi  ini tidak di-standarisasi antar sistem operasi. Hardware yang mengukur waktu dan melakukan operasi trigger dinamakan programmable interval timer yang dapat di set untuk menunggu waktu tertentu dan kemudian melakukan interupsi.

C.Kernel I/O subsystems

Kernel menyediakan banyak service yang berhubungan dengan I/O. Pada bagian ini, kita akan mendeskripsikan beberapa service yang disediakan oleh kernel I/O subsystem, dan kita akan membahas bagaimana caranya membuat infrastruktur hardware dan device-driver. Service yang akan kita bahas adalah I/O scheduling, buffering, caching, pooling, reservasi device, error handling.


D.
I/O Requests to Hardware Operations

Salah satu contohnya adalah:

  1. Ilustrasi membuka sebuah
    –  Device mana tempat file yang akan dibuka
    –  Menerjemahkan _nama_ ke dalam device yang dimaksud
    –  Membaca secara fisik file yang hendak dibuka
    –  Data sudah siap untuk diakses
    –  Mengembalikan kontrol pada proses
    b.Ilustrasi lain pada waktu boot
    Sistem mula-mula meminta bus piranti keras untuk menentukan device apa yang ada.

E.Streams
I/O stream adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data (dua arah).Biasa digunakan dalam network protocol dan menggunakan  message passingdalam men-transferdata Stream terdiri atas :

  • sebuah stream head yang merupakan antarmuka dengan user process,
  • sebuah driver end yang mengontrol device,
  • dan nol atau lebih stream modules

F.Performance
Faktor utama dalam performa sistem :

  • Permintaan CPU untuk menjalankan device driver, kode kernel I/O
  • Keadaan/state untuk melayani interrupt
  • Copy data
  • Network traffic khususnya pada beban kinerja
Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Satu Balasan ke UAS GANJIL KOMPUTER TERAPAN

  1. Ping balik: Daftar Tugas Komunikasi Terapan | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar