UAS GANJIL KOMPUTER TERAPAN 2014-2015

  1. Sebutkan dan jelaskan piranti-piranti pendukung jaringan komunikasi data komputer baik software maupun hardware , berikan gambarnya ?
  2. Sebutkan dan jelaskan fungsi piranti penyimpan dan penyedia data, berikan gambarnya ?
  3. Apa yang di maksud dengan konsentrator ?
  4. Sebutkan jenis-jenis konsentrator ethernet yang umum digunakan beserta fungsinya, berikan gambarnya ?
  5. Apa yang dimaksud dengan printer server ?
  6. Apa yang anda ketahui tentang titik akses nirkabel, berikan gambarnya ?
  7. Apa yang kalian ketahui tentang :
    a. Universal Asynchronous Receiver Transmitter (UART).
    b. Universal Synchronous Asynchronous Receiver Transmitter (USART).
    c. Serial Peripheral Interface (SPI)
    d. Serial Communication Interface (SCI)
    e. Analog to Digital Converter (ADC)
    f. Digital to Analog Converter (DAC)
  8. Buatlah gambar pengubah analog ke digital (ADC) 8 bit dan gambar pengubah digital ke analog (DAC) 4 bit,
    Berikan contoh hardware pengubah digital ke analog (DAC) yang ada di sekitar kalian ?
  9.  Berikut protokol komunikasi komputer terapan jaringan
    a. RS-232
    b. RS-485
    c. USB
    d. Ethernet
    e. TCP/IP
    f. IEEE 802.11
    Pilihlah salah satu protocol maupun port komunikasi komputer terapan diatas selain USB, jelaskan secara jelas
    dan berikan gambar dari protocol maupun port tersebut.
  10. Jelaskan bagaimana kinerja I/O bus baik I/O Sistem Operasi, I/O Hardware, Application I/O Interface dll

#jawaban#
1. – Hardware
a. Modem 

modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut modem. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

b. HUB

hub

Hub adalah salah satu perangkat dalam Jaringan Komputer yang berguna untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan. Dia bekerja di level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI. Dengan adanya hub, maka CSMA/CD yang bertugas untuk mensharing medium (kabel, udara, fiber, dll) agar semua bisa terkoneksi dapat berjalan dengan baik. Hub bertugas mengkoneksikan setiap node agar terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.

Hub merupakan Suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan.

Cara kerja Hub:
Ketika sebuah paket tiba di salah satu port, paket itu akan disalin ke port-port yang lain di hub. Atau dengan kata lain hub hanya menyalin data ke semua simpul yang terhubung ke hub. Hal ini menyebabkan unjuk kerja jaringan akan lambat.

c. Router

royt
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Router juga merupakan penghubung dalam jaringan komputer . Sama seperti Hub dan Switch , Router juga berfungsi sebagai alat untuk mentransfer paket data dari satu port ke port yang lain . Perbedaannya adalah , Switch dan Hub cenderung digunakan sebagai penghubung dalam jaringan lokal / LAN ( Local Area Network ) , sementara Router dibuat sebagai alat perluasan dari jaringan LAN ke jaringan WAN dan MAN . Router digunakan dalam  jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP . Router jenis ini disebut IP Router . Router digunakan untuk memperluas jaringan data yang kecil ke jaringan yang luas . Contohnya dari jaringan LAN , oleh Router diperluas menjadi jaringan berbasis Internet .

d. Kartu Jaringan (NIC)

indsdaex

LAN Card adalah ‘pintu’ ke jaringan dari komputer. Setiap jenis aktivitas jaringan memerlukan LAN Card – Internet, jaringan printer, menghubungkan komputer bersama-sama.
Tujuan dari LAN Card adalah untuk menciptakan koneksi fisik ke jaringan, untuk memberikan ‘pintu’ terbuka, seolah-olah. Antarmuka pertama didukung oleh LAN Card adalah antarmuka fisik bagaimana kabel dihubungkan ke kartu.

– Software
a. Sistem operasi

SOJ
Sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.
Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:

  • Microsoft MS-NET
  • Microsoft LAN Manager
  • Novell NetWare
  • Microsoft Windows NT Server
  • GNU/Linux
  • Banyan VINES
  • Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris

b. Web browser

Web

Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer.

2. a. Harddisk

hard

Hard disk merupkan alat penyimpanan data sekunder yang kapasitasnya cukup besar. Dalam computer desktop saat ini harddisk memiliki fungsi utama untuk meyimpaan system operasi dan aplikasi yang ada.

b. Flashdisk

USB

Flasdisk merupakan media penyimpan data paling popular dalam hal mobilitas karena karena ukurannya yang kecil. Fungsinya adalah untuk menyimpan data penting.  Saat ini Flashdisk juga berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.

c. RAM

ram

RAM adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program.

d. CD

CD

CD adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul. CD juga mempunyai diameter luar sebesar 120 mm dan diameter dalam sebesar 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB. Kebebanyakan digunakan untuk menyimpan data berupa music, gambar, dan video.

e. DVD

DVD
DVD merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama seperti CD.

f. Cache Memory

cache
Cache Memory merupakan media penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi, dimana tempat menyimpan data atau informasi sementara yang sering digunakan atau diakses oleh komputer.
g. ROM

ROM
Umumnya ROM tidak dapat diubah oleh sembarang pihak, karena ROM hanya dapat diakses dengan software tertentu dalam pengisiannya. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras.

3. Konsentrator merupakan alat yang digunakan untuk menyatukan kabel.

4. Jenis-jenis konsentrator yang sering digunakan ialah sebagai berikut:
a. Hub

hubHub merupakan Suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan.
Cara kerja Hub:
Ketika sebuah paket tiba di salah satu port, paket itu akan disalin ke port-port yang lain di hub. Atau dengan kata lain hub hanya menyalin data ke semua simpul yang terhubung ke hub. Hal ini menyebabkan unjuk kerja jaringan akan lambat.

b. Switch

HP V1810-8G 8 Port Gigabit Switch
Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung . Dilihat dari fungsinya , terlihat mirip dengan Hub . Perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data . Switch memiliki cakupan luas jaringan yang lebih besar dari Hub , dan Switch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan Hub . Sampai saat ini besaran kecepatan transfer data tertinggi Hub adalah 100 Mbps . Sementara Switch telah dikembangkan untuk dapat melakukan fungsinya dengan kecepatan diatas 100 Mbps .

Switch bekerja berdasarkan alamat MAC pada NIC ( Network Interface Card ) . Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemana paket data itu akan dikirim dan diterima . Sistem ini juga dibentuk agar tidak terjadi tabrakan pada jalur pengiriman data (collision ) antara port satu dengan yang lain .

c. Bridge

Cisco-Linksys WET54G Wireless-G Ethernet BridgeBridge jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda. Bridge berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan . Bridge mengatur informasi diantara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan teratur.

d. Router

roytRouter juga merupakan penghubung dalam jaringan komputer . Sama seperti Hub dan Switch , Router juga berfungsi sebagai alat untuk mentransfer paket data dari satu port ke port yang lain . Perbedaannya adalah , Switch dan Hub cenderung digunakan sebagai penghubung dalam jaringan lokal / LAN ( Local Area Network ) , sementara Router dibuat sebagai alat perluasan dari jaringan LAN ke jaringan WAN dan MAN . Router digunakan dalam  jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP . Router jenis ini disebut IP Router . Router digunakan untuk memperluas jaringan data yang kecil ke jaringan yang luas . Contohnya dari jaringan LAN , oleh Router diperluas menjadi jaringan berbasis Internet .

e. Wireless Access Point (WAP)

WAP
WAP adalah perangkat keras yang memungkinkan perangkat wireless lain (contohnya laptop dan ponsel) untuk terhubung ke jaringan Wifi, bluetooh atau perangkat lainnya. Wireless Access point pada umumnya dihubungkan ke router melalui jaringan kabel dan dapat digunakan untuk saling mengirim data antar perangkat wireless dan perangkat kabel pada jaringan.

Hotspot merupakan salah satu penerapan Wireless Acces Point (WAP) yang paling umum dimana klien nirkabel dapat terhubung ke internet tanpa memperhatikan jaringan tertentu yang telah mereka sambungkan saat itu. Di kota-kota besar atau di daerah tertentu hotspot umumnya disediakan dalam taman rekreasi, sekolah, restoran, caffe, atau daerah publik lainnya yang kiranya banyak orang untuk dapat terus tersambung ke jaringan internet.

5. Printer Server , adalah komputer atau perangkat yang terhubung ke satu atau lebih printer dan computer klien melalui jaringan , dan dapat menerima pekerjaan cetak dari komputer dan mengirim pekerjaan ke printer yang sesuai.

print

6. Titik akses nirkabel atau Wireless Access Point adalah perangkat keras yang memungkinkan perangkat wireless lain (contohnya laptop dan ponsel) untuk terhubung ke jaringan Wifi, bluetooh atau perangkat lainnya. Wireless Access point pada umumnya dihubungkan ke router melalui jaringan kabel dan dapat digunakan untuk saling mengirim data antar perangkat wireless dan perangkat kabel pada jaringan.

Hotspot merupakan salah satu penerapan Wireless Acces Point (WAP) yang paling umum dimana klien nirkabel dapat terhubung ke internet tanpa memperhatikan jaringan tertentu yang telah mereka sambungkan saat itu. Di kota-kota besar atau di daerah tertentu hotspot umumnya disediakan dalam taman rekreasi, sekolah, restoran, caffe, atau daerah publik lainnya yang kiranya banyak orang untuk dapat terus tersambung ke jaringan internet.

7. a. UART (Universal Asincrhounus Recivier transmiter)

UART UART1

UART atau Universal Asynchronous Receiver-Transmitter adalah bagian perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan bit-bit serial. UART biasanya berupa sirkuit terintegrasi yang digunakan untuk komunikasi serial pada komputer atau port serial perangkat periperal.

UART atau Universal Asynchronous Receiver Transmitter adalah protokol komunikasi yang umum digunakan dalam pengiriman data serial antara device satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh komunikasi antara sesama mikrokontroler atau mikrokontroler ke PC. Dalam pengiriman data, clock antara pengirim dan penerima harus sama karena paket data dikirim tiap bit mengandalkan clock tersebut. Inilah salah satu keuntungan model asynchronous dalam pengiriman data karena dengan hanya satu kabel transmisi maka data dapat dikirimkan.

b. Universal Synchronous Asynchronous Receiver Transmitter (USART).
USART merupakan komunikasi yang memiliki fleksibilitas tinggi, yang dapat digunakan untuk melakukan transfer data baik antar mikrokontroler maupun dengan modul-modul eksternal termasuk PC yang memiliki fitur UART.

USART memungkinkan transmisi data baik secara syncrhronous maupun asyncrhronous, sehingga dengan memiliki USART pasti kompatibel dengan UART. Perbedaannya hanyalah terletak pada sumber clock saja. Jika pada mode asyncrhronous masing-masing peripheral memiliki sumber clock sendiri, maka pada mode syncrhronous hanya ada satu sumber clock yang digunakan secara bersama-sama.

c. Serial Peripheral Interface (SPI)
Serial Peripheral Interface (SPI) adalah protokol data serial sinkron digunakan oleh mikrokontroler untuk berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat periferal cepat jarak pendek.
Serial Peripheral Interface ( SPI ) merupakan salah satu mode komunikasi serial synchrounous kecepatan tinggi yang dimiliki oleh Atmega 328. Komunikasi SPI membutuhkan 3 jalur yaitu MOSI, MISO, dan SCK. Melalui komunikasi ini data dapat saling dikirimkan baik antara mikrokontroller maupun antara mikrokontroller dengan peripheral lain di luar mikrokontroller.

d. Serial Communication Interface (SCI)
Sebuah komunikasi serial interface (SCI) adalah perangkat yang memungkinkan seri (satu bit pada satu waktu) pertukaran data antara mikroprosesor dan peripheral seperti printer, drive eksternal, scanner, atau mouse. Dalam hal ini, mirip dengan perangkat antarmuka serial ( SPI ). Tapi di samping itu, SCI memungkinkan komunikasi serial dengan mikroprosesor lain atau dengan jaringan eksternal. Istilah SCI diciptakan oleh Motorola di tahun 1970-an.Dalam beberapa aplikasi itu dikenal sebagai universal asynchronous receiver / transmitter (UART ).

SCI adalah komunikasi dimana pengiriman data dilakukan per bit, sehingga lebih lambat dibandingkan komunikasi parallel seperti pada port printer yang mampu mengirim 8 bit sekaligus dalam sekali cetak.

Dalam hal ini, mirip dengan perangkat antarmuka serial ( SPI). Tapi di samping itu, SCI memungkinkan komunikasi serial dengan mikroprosesor lain atau dengan jaringan eksternal. Istilah SCI diciptakan oleh Motorola di tahun 1970-an. Dalam beberapa aplikasi itu dikenal sebagai universal asynchronous receiver / transmitter ( UART).

SCI berisi konverter paralel-to-serial yang berfungsi sebagai pemancar data, dan konverter serial-to-paralel yang berfungsi sebagai penerima data. Kedua perangkat clock secara terpisah, dan menggunakan independen memungkinkan dan mengganggu sinyal. SCI beroperasi dalam nonreturn-to-nol ( NRZ ) format, dan dapat berfungsi dalam half-duplexmodus (hanya menggunakan receiver atau hanya pemancar) atau full duplex (menggunakan receiver dan transmitter secara bersamaan). Kecepatan data diprogram.

Antarmuka Serial memiliki keunggulan tertentu atas paralel interface. Keuntungan yang paling signifikan adalah kabel sederhana. Selain itu, kabel interface serial bisa lebih panjang daripada kabel antarmuka paralel, karena ada interaksi jauh lebih sedikit (crosstalk) di antara konduktor dalam kabel.

e. Analog to Digital Converter (ADC)
Analog-to-digital converter (ADC, A / D, atau A sampai D) adalah perangkat yang mengkonversi kuantitas fisik terus menerus (biasanya tegangan) ke nomor digital yang mewakili amplitudo kuantitas ini.

Konversi ini melibatkan kuantisasi input, sehingga perlu memperkenalkan sejumlah kecil kesalahan. Alih-alih melakukan konversi tunggal, ADC sering melakukan konversi (” sampel “input) secara berkala. Hasilnya adalah urutan nilai digital yang telah dikonversi dari waktu kontinu dan berkesinambungan-amplitudo sinyal analog ke diskrit-waktu dan diskrit-amplitudo sinyal digital .

Analog To Digital Converter (ADC adalah perangkat yang digunakan untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk analog (tegangan, arus, muatan electrik) menjadi sinyal keluaran dalam bentuk digital. Fungsi dari ADC adalah untuk mengubah data analog menjadi data digital yang nantinya akan masuk ke suatu komponen digital yaitu mikrokontroller AT89S51.

ADC (Analog to Digital Converter) memiliki 2 karakter prinsip, yaitu kecepatan sampling dan resolusi. Kecepatan sampling suatu ADC menyatakan seberapa sering sinyal analog dikonversikan ke bentuk sinyal digital pada selang waktu tertentu. Kecepatan sampling biasanya dinyatakan dalam sample per second (SPS). Pengaruh Kecepatan Sampling ADC Resolusi ADC menentukan ketelitian nilai hasil konversi ADC.

f. Digital to Analog Converter (DAC)
Dalam elektronik , digital-to-analog converter (DAC, D / A, D2A atau D-to-A)adalah fungsi yang mengubah data digital (biasanya biner) menjadi sinyal analog ( arus , tegangan , atau muatan listrik ). Sebuah konverter analog-ke-digital (ADC) melakukan fungsi sebaliknya. Tidak seperti sinyal analog, data digital dapat ditransmisikan, dimanipulasi, dan disimpan tanpa degradasi, meskipun dengan peralatan yang lebih kompleks. Tapi DAC diperlukan untuk mengkonversi sinyal digital ke analog untuk menggerakkan sebuah earphone atau pengeras suara amplifier untuk menghasilkan suara (gelombang tekanan udara analog).

DAC adalah perangkat untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk digital menjadi sinyal keluaran dalam bentuk analog (tegangan, arus, muatan electrik). Tegangan keluaran yang dihasilkan DAC sebanding dengan nilai digital yang masuk ke dalam DAC. Sebuah konverter analog-ke-digital (ADC) melakukan operasi mundur. Sinyal mudah disimpan dan ditransmisikan dalam bentuk digital, tapi DAC diperlukan untuk sinyal untuk diakui oleh indera manusia atau non-sistem digital. Fungsi DAC adalah pengubah data digital yang masih berbentuk biner seperti data yang ada pada CD menjadi data analog . berikut adalah tahapan data digital menjadi analog. fisik CD dibaca Data digital CD DAC Buffer Line out.

DAC dan terbalik mereka, ADC, adalah bagian dari teknologi yang memungkinkan yang telah memberikan kontribusi besar terhadap revolusi digital. Untuk mengilustrasikan, pertimbangkan panggilan telepon khas jarak jauh. Suara pemanggil diubah menjadi sinyal listrik analog oleh mikrofon, maka sinyal analog diubah menjadi aliran digital oleh ADC. Aliran digital ini kemudian dibagi menjadi paket-paket di mana ia dapat dicampur dengan data digital lainnya, belum tentu audio. Paket digital kemudian dikirim ke tujuan, tetapi masing-masing paket dapat mengambil rute yang sama sekali berbeda dan tidak mungkin bahkan tiba di tujuan dalam urutan waktu yang tepat. Data suara digital kemudian diekstraksi dari paket dan dirakit menjadi sebuah aliran data digital. Sebuah DAC mengubah ini menjadi sinyal listrik analog, yang mendorong penguat audio, yang pada gilirannya mendorong pengeras suara, yang akhirnya menghasilkan suara.

8. a. DAC 4 Bit

DAC

b. ADC 8 Bit

simple

Contoh hardware pengubah digital ke analog salah satunya adalah Sound Card

soundcard1

 

9. Transmission Control Protocol/Internet Protocol

TCP

TCP/IP Merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. ›Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite).› TCP/IP menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet.

bbbbbb

Cara Kerja TCP/IP
a).  Untuk memindahkan data antara dua komputer yang berbeda dalam suatu jaringan yang terdiri dari banyak komputer, dibutuhkan alamat tujuan dan perantara untuk memindahkan sinyal elektronik pembentuk data secara aman dan langsung.

b). Internet menggunakan protokol untuk menjamin sampainya data secara aman di tempat tujuan.

c). Saat seorang pengguna Internet mengirim sekelompok teks ke mesin lain, TCP/IP mulai bekerja. TCP membagi teks tersebut menjadi paket-paket data kecil, menambahkan beberapa informasi (dapat dianggap sebagai pengiriman barang), sehingga komputer penerima memastikan bahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengiriman. IP menambahkan label yang berisikan informasi alamat pada paket tersebut.

d). Deretan paket-paket TCP/IP berjalan menuju tujuan yang sama dengan menggunakan berbagai jalur yang berbeda. Sebuah perangkat khusus yang disebut router dipasang di titik persimpangan antar jaringan dan memutuskan jalur mana yang paling efisien yang menjadi langkah berikut dari sebuah paket. Router membantu mengatur arus lalu lintas di Internet dengan membagi beban, sehingga menghindari kelebihan beban pada suatu bagian dari sistem yang ada.

e). Saat paket-paket TCP/IP tiba di tempat tujuannya, komputer akan membuka label alamat IP lalu menggunakan daftar pengiriman yang ada pada paket TCP untuk memeriksa apakah ada kerusakan paket yang terjadi selama pengiriman, dan menyusun kembali paket-paket tsb menjadi susunan teks seperti aslinya. Saat komputer penerima menemukan paket yang rusak, komputer tsb akan meminta komputer pengirim untuk mengirim salinan baru dari paket yang rusak.

f). Sebuah perangkat khusus yang disebut gateway memungkinkan beragam tipe jaringan yang ada di horison elektronik untuk berkomunikasi dengan Internet menggunakan TCP/IP. Gateway menerjemahkan protokol asli jaringan komputer tersebut menjadi TCP/IP dan sebaliknya.

g). Bagi seorang pemakai, Internet hadir seperti jaringan global raksasa yang tidak terbatas, yang langsung merespon jika diminta. Komputer, gateway, router, dan protokol yang membuat ilusi ini bekerja.

10. a. Kinerja I/O Sistem Operasi
I/O System merupakan bagian untuk menangani inputan dan outputan dari DCS. Inputan dan outputan tersebut bisa analog atau digital. Inputan/outputan digital seperti sinyal-sinyal ON/OFF atau Start/Stop. Kebanyakan dari pengukuran proses dan outputan terkontrol merupakan jenis analog

b. Kinerja I/O Hardware
Secara umum, I/O Hardware terdapat beberapa jenis seperti device penyimpanan (disk,tape), transmission device (network card, modem), dan human-interface device (screen, keyboard, mouse). Device tersebut dikendalikan oleh instruksi I/O. Alamat-alamat yang dimiliki oleh device akan digunakan oleh direct I/O instruction dan memory-mapped I/O.
Beberapa konsep yang umum digunakan ialah port, bus (daisy chain/ shared direct access), dan controller  (host adapter).

  • Port adalah koneksi yang digunakan oleh device untuk berkomunikasi dengan mesin
  • Bus adalah koneksi yang menghubungkan beberapa device menggunakan kabel-kabel
  • Controller adalah alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.

C. Application I/O Interface
Aplication Interface I/O Interface merupakan suatu mekanisme untuk mempermudah pengaksesan, sehingga sistem operasi melakukan standarisasi cara pengaksesan peralatan I/O. Contoh : suatu aplikasi ingin membuk data yang ada dalam suatu disk, aplikasi tersebut harus dapat membedakan jenis disk apa yang akan  diaksesnya.

Tentang Agung Maulana

Nothing!
Pos ini dipublikasikan di Random Tugas. Tandai permalink.

Satu Balasan ke UAS GANJIL KOMPUTER TERAPAN 2014-2015

  1. Ping balik: Daftar Tugas Pelajaran Komputer Terapan | XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 CILEGON

Tinggalkan komentar